Jumat, 24 Mei 2013

Ketika semasa berada di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ataupun sekolah sederajat yang sama, bila mengingat kata UN (Ujian Nasional) bisa dibilang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi siswa - siswi. Wajar saja bila itu yang terjadi, karena penulis yakin setiap orang ingin meraih sukses dengan lulus ujian nasional dan mendapat nilai yang memuaskan. Terus bagaimana jika ada sebagian dari kawan maupun sanak keluarga kita tidak lulus, tentunya dia akan merasa sedih dan jiwanya akan tergoncang karena melihat kenyataan yang terjadi. Kita sebagai orang yang didekatnya harus memberikan semangat agar dia tidak "down" dan membuat dia senang, gembira serta mau menuntaskan sekolahnya walaupun dengan cara yang berbeda dengan pada umumnya. 

Kegagalan adalah awal keberhasilan, seperti itulah pepatah yang biasa penulis dengar,  Tuhan selalu memiliki rencana tersembunyi bagi umatnya. Mungkin dengan kegagalan itu membuat kita lebih giat belajar dan lebih semangat mengarungi hidup yang keras ini. Perlu juga rasa syukur atas segala apa yang kita terima, karena pada umumnya manusia tidak cepat puas dan terkadang lupa mensyukuri apa yang telah didapat. Hidup akan terasa indah dan tenang bila kita syukur.

Sebelum mengakhiri catatan kali ini, perkenan penulis mengucapkan selamat kepada siswa siswi SMK/SMA/MA yang hari ini akan LULUS dan bagi yang belum atau tidak lulus jangan patah semangat penulis yakin hari esok pasti akan lebih cerah.. :)